> >

Mengenal Lembah Tidar Akmil Magelang, Tempat Team Building Kabinet Prabowo

Humaniora | 23 Oktober 2024, 11:27 WIB
Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo Subianto, Senin 21 Oktober 2024/Ist (Sumber: Dok Pribadi)

MAGELANG, KOMPAS.TV - Presiden Prabowo Subianto akan menggelar sidang kabinet perdana di Akademi Militer (Akmil) Magelang, tepatnya di kawasan Lembah Tidar, Jawa Tengah. Rapat kabinet yang dijadwalkan berlangsung pada akhir minggu ini tengah dipersiapkan secara khusus.

Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Prasetyo Hadi menyatakan bahwa pertemuan di Magelang ini memiliki nilai strategis yang tidak hanya sebatas rapat kabinet, tetapi juga sebagai ajang penguatan kerja sama antarkementerian dan lembaga di kawasan Lembah Tidar.

"Rencana, beliau akan mengumpulkan kita kembali dalam satu kegiatan di Akademi Militer di Magelang," ujarnya dikutip dari Antara, Selasa (22/10/2024).

Pemilihan lokasi sidang kabinet di Akmil tampaknya tidak lepas dari latar belakang Presiden Prabowo sebagai alumnus akademi militer tersebut.

Dilansir dari laman Akmil, akademi ini telah berdiri sejak 1945 dan menjadi lembaga utama pendidikan calon perwira TNI Angkatan Darat.

Dalam rangka menyambut rombongan presiden dan jajaran kabinet, Pemkab Magelang juga mempersiapkan partisipasi para pelajar untuk berbaris di sepanjang jalan Magelang.

Baca Juga: Ini Daftar Nama Kandidat Ajudan Presiden Prabowo dari TNI dan Polri yang Gantikan Mayor Teddy

Tempat Penggemblengan Calon TNI

Kawasan Lembah Tidar, tempat Akmil berada, memiliki nilai historis yang mendalam. Akademi ini menawarkan program pendidikan komprehensif yang mencakup aspek fisik, mental, dan intelektual dengan penekanan pada kepemimpinan, moralitas, dan pengabdian kepada negara.

Para taruna tidak hanya mendapat pelatihan militer dan kebugaran fisik, tetapi juga pendidikan akademis.

"Akademi Militer mempunyai tugas pokok untuk membentuk Taruna Akademi Militer menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga, pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Perwira, berkualifikasi Akademis Program Diploma IV Pertahanan serta jasmani yang samapta," tulis Akmil dalam Tugas Pokok mereka dikutip dari laman resminya.

Selain fungsinya sebagai lembaga pendidikan militer, Lembah Tidar juga dikenal sebagai destinasi wisata religi. Gunung Tidar yang menjadi lokasi akademi diyakini sebagai "Paku Tanah Jawa" atau fondasi spiritual Pulau Jawa.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU