> >

Prabowo Lantik Luhut sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Politik | 21 Oktober 2024, 11:19 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan dilantik sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional, Senin (21/10/2024). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Prabowo Subianto mengangkat Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi era Presiden ke-7 RI Joko Widodo atau Jokowi ini dilantik bersama para menteri Kabinet Merah Putih, Senin (21/10/2024) pagi.

Pengangkatan Luhut tertuang dalam Keputusan Presiden Keppres 139 P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional. 

"Kesatu, terhitung sejak saat pelantikan mengangkat Jenderal TNI Purn. Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional," demikian buyi keputusan tersebut.

Dalam Keppres tersebut, Luhut sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional juga diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Sah! Prabowo Resmi Lantik Menteri Kabinet Merah Putih di Istana Jakarta

Luhut pun turut mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan terlebih dahulu oleh Prabowo.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian ucap Prabowo diikuti Luhut dan para menteri yang dilantik.

Pengangkatan Luhut dilakukan satu hari usai Prabowo mengumumkan jajaran anggota kabinet Merah Putih.

Seperti diketahui, Senin pagi, Prabowo melantik 48 orang menteri, Jaksa Agung, Kepala dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan, serta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU