> >

Prabowo Tunjuk Tiga Wamenlu, Kerja Sugino Ditopang Anis Matta dan Dua Diplomat

Humaniora | 20 Oktober 2024, 22:57 WIB
Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengumumkan nama-nama menteri di Kabinet Merah Putih, Minggu (20/10/2024) di Istana Negara, Jakarta. (Sumber: BPMI Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden  Prabowo Subianto menunjuk tiga Wakil Menteri Luar Negeri untuk Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Ketiga wamenlu tersebut ditunjuk untuk menopang kerja kader Partai Gerindra, Sugiono yang ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri.

Adapun ketiga wamenlu yang ditunjuk Prabowo berasal dari kalangan politikus dan diplomat, yakni ketua umum Partai Gelora  Anis Matta; Utusan Tetap Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Otoritas Dasar Laut Internasional Arrmanatha Christiawan Nasir; dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Baca Juga: Prabowo Tunjuk Sugiono Jadi Menteri Luar Negeri: Bukan dari Kalangan Diplomat, tapi Militer

Berikut profil singkat tiga wamenlu yang ditunjuk Prabowo dan diumumkan pada Minggu (20/10/2024).

Anis Matta

Anis Matta merupakan politikus senior yang telah membersamai PKS sejak partai itu masih bernama Partai Keadilan pada 1998. Bahkan, Anis Matta dipercaya menjadi sekjen PKS atau PK yang pertama.

Karier politik pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu melejit pada 2000-an hingga lolos menjadi anggota DPR selama dua periode (2004-2009 dan 2009-2013). Anis Matta juga sempat menjadi presiden PKS pada 2013-2015.

Akan tetapi, konflik internal membuat Anis Matta keluar dari PKS dan mendirikan Partai Gelora bersama Fahri Hamzah pada 2019. Partai Gelora merupakan salah satu pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Arrmanatha Christiawan Nasir

Arrmanatha Christiawan Nasir adalah diplomat yang melejit kiprahnya pada dekade 2010-an. Pada era Joko Widodo, Arrmanatha ditunjuk menjadi juru bicara Kementerian Luar Negeri RI yang dipimpin Retno Marsudi selama dua periode. 

Pria kelahiran Bangkok, Thailand ini kemudian menjabat Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monako, dan UNESCO pada 2019-2021. Arrmanatha kemudian dipercaya menjadi Utusan Tetap Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Otoritas Dasar Laut Internasional yang ke-20.

Arif Havas Oegroseno

Arif Havas Oegroseno merupakan diplomat karier yang telah berkiprah di Kementerian Luar Negeri RI sejak 1980-an. Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah itu kemudian naik jabatan menjadi Direktur Perjanjian Polkamwil Kementerian Luar Negeri pada 2003.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU