> >

Jokowi Tiba di Bandara Boyolali Gunakan Pesawat Boeing 737-800 Next Generation Milik TNI AU

Peristiwa | 20 Oktober 2024, 16:21 WIB
Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma sebelum bertolak ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation (NG) milik TNI Angkatan Udara untuk pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan melalui Breaking News Kompas.TV, Jokowi tiba di Bandara Adi Soemarmo di Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, pada Minggu (20/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, Kepala Kantor Komunikasi Presiden atau PCO Hasan Nasbi menyebut Jokowi kembali ke Solo setelah menyambut Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, usai pelantikan sore ini, Minggu (20/10/2024). Hasan menyebut Jokowi terbang ke Solo menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU).

“Nanti beliau kembali ke Solo menggunakan pesawat TNI AU. Presiden ke-7 akan dilepas dengan penuh kehormatan," ucapnya.

Ia juga menyebut Jokowi dilepas oleh Presiden ke-8 Prabowo Subianto.

"Presiden ke-8 rencananya juga akan mengantarkan sampai ke Halim. Para menteri Kabinet Indonesia Maju akan ikut melepas keberangkatan Pak Jokowi ke Solo di Bandara Halim sore ini," kata Hasan pada Kompas.com.

Baca Juga: Kala Pantun Ketua MPR Ahmad Muzani Buat Prabowo Geleng Kepala hingga Jokowi Tepuk Tangan

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Minggu (20/10/2024) siang, pesawat bernomor ekor A-7309 itu sudah terparkir di dekat patung tokoh Halim Perdanakusuma.

Pesawat itu bercorak abu-abu dengan garis merah putih tipis di bagian tengah antara bagian atas dan lambung pesawat.

Tidak terlihat keramaian di area steril Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma jelang kepulangan Jokowi.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas.com


TERBARU