> >

Prabowo Tidak Singgung IKN saat Pidato Pelantikan Presiden, PDIP: Beliau Tahu Skala Prioritas

Politik | 20 Oktober 2024, 15:20 WIB
Ketua Bidang Kehormatan PDI-P Komarudin Watubun saat berada di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (6/11/2023). (Sumber: Nicholas Ryan Aditya/Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden RI Prabowo Subianto tak menyinggung ihwal kelanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur saat berpidato usai menjalani pelantikan di gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2024). 

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Komarudin Watubun menyebut, Prabowo mengetahui skala prioritas dalam membangun negara. 

"Pak Prabowo tidak sebut itu (IKN), pak Prabowo sendiri pasti memprioritaskan hal apa yang menjadi prioritas hari ini," kata Komarudin di gedung DPR, Jakarta, Minggu. 

Baca Juga: Puan Beberkan Obrolannya dengan Anies saat Pelantikan Prabowo Gibran

Menurutnya, situasi geopolitik ke depan akan menguras banyak tenaga, sehingga diperlukan anggaran negara. Terlebih, utang luar negeri sudah mencapai ribuan triliun.

"Karena kondisi nasional seperti begini, pengaruh geopolitik global tentu menguras banyak tenaga. Kita punya utang luar negeri sekarang ini Rp 8.400 triliun," ujarnya.

Komarudin meyakini Prabowo mempunyai skala prioritas yang harus dikerjakan.

Baca Juga: Calon Wamen Prabowo Sebut Budi Gunawan Jembatan 'Informal' Prabowo-Mega, PDIP Tak Masuk Kabinet?

"Tahun depan ini kita harus bayar Rp 1.000 triliun lebih, ini beban-beban yang harus diselesaikan oleh pak Prabowo. Jadi, saya pikir itu bagian dari sikap pak Prabowo untuk menggarisbawahi mana yang jadi prioritas," kata Komarudin.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU