> >

Rumah Kertanegara, Rumah Peninggalan Sumitro Kenangan Prabowo

Peristiwa | 20 Oktober 2024, 09:30 WIB
Prabowo Subianto menerima kedatangan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kertanegara IV, Jakarta, Kamis (19/9/2024). (Sumber: Tribunnews.com/Igman)

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Rumah kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, menjadi salah  satu tempat yang banyak diberitakan akhir-akhir ini. Para calon menteri di kabinet yang akan datang, semua diundang ke rumah besar yang terletak di kawasan elite jakarta Ini. Rumah ini kerap menjadi pertemuan ketua umum partai bertemu dengan Prabowo.

Misalnya, Jumat sore (11/10/2024) Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi, hingga Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan bertemu Prabowo rumah ini.

Baca Juga: Sebelum Gelar Briefing di Hambalang, Prabowo Masih Panggil Sejumlah Nama ke Kertanegara Pagi Ini

Saat musim kampanye di Pilpres lalu, rumah ini juga menjadi tempat berkumpul tim sukses dan tim pemenangan. Tidak heran, rumah ini juga dijadikan titik berangkat Prabowo ke Kompleks Parlemen untuk pelantikan sebagai presiden, hari ini, Minggu (20/10/2024).

Menurut politikus Partai Gerindra Budi Djiwandono, rumah Kertanegara memang cukup spesial bagi Prabowo.

"Rumah Kertanegara rumah peninggalan Pak Sumitro.  Rumah kenangan Prabowo, "kata Budi di halaman rumah Kertanegara, Minggu (20/10). Dikutip dari tayangan KompasTV.

Sumitro Djojohadikusumo adalah ayah dari Prabowo, sosok yang dikenal sebagai "begawan ekonomi". Di rumah ini, Prabowo dan adik-adiknya menghabiskan masa kecilnya di tengah kesibukan sang ayah sebagai tokoh politik dan ekonom. 

Dalam sebuah wawancara, Sumitro pernah menceritakan dirinya sebagai orang yang mengidap "sindrom terlalu sibuk."

Dikutip dari buku "Pelaku Berkisah, Ekonomi Indonesia 1950-an sampai 1990-an" (Penerbit Kompas) dia mengatakan, " Saya adalah korban apa yang pernah disebut oleh Clifford Geertz dalam makalah pendeknya sebagai sindrom terlalu sibuk," katanya.  

Baca Juga: Sebelum Gelar Briefing di Hambalang, Prabowo Masih Panggil Sejumlah Nama ke Kertanegara Pagi Ini

Penulis : Iman Firdaus Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU