> >

Dilantik jadi Presiden-Wapres Hari Ini, Berikut Beberapa Janji Prabowo-Gibran saat Masa Kampanye

Peristiwa | 20 Oktober 2024, 08:10 WIB
Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden RI pada hari ini, Minggu (20/10/2024). Salah satu janji yang kerap digaungkan Prabowo-Gibran adalah penciptaan 19 juta lapangan pekerjaan baru. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Aprilio Akbar)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilakukan hari ini, Minggu (20/10/2024).

Pelantikan Prabowo-Gibran akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Prabowo akan dilantik menjadi presiden ke-8 dan Gibran sebagai wakil presiden ke-14.

Prabowo-Gibran dilantik menjadi presiden dan wakil presiden setelah ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 24 April lalu.

Prabowo-Gibran memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi.

Pada saat masa kampanye, ada sejumlah janji yang disampaikan oleh Prabowo-Gibran jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Berikut beberapa diantaranya, dikutip dari berbaga sumber.

Baca Juga: Dua Link Live Streaming Pelantikan Presiden dan Wapres, Prabowo-Gibran Hari Ini Jam 10.00 WIB

1. Memberikan makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah

Salah satu program yang masuk dalam strategi tersebut adalah pemberian makan bergizi gratis kepada anak-anak Indonesia. Melalui program tersebut, ia berharap Indonesia bisa memiliki generasi penerus bangsa dengan kualitas yang andal dan mempuni.

Prabowo juga meyakini bahwa Indonesia bisa memiliki kemampuan yang setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

“Kita mulai nanti dengan memberi makan sehat, bergizi untuk seluruh anak Indonesia, termasuk yang masih di kandungan ibunya. Anak-anak Indonesia akan tumbuh cerdas, sel otaknya berkembang dengan baik, dia akan tumbuh dengan tulang-tulang yang kokoh dan kuat, dengan otot yang kuat, dia akan menjadi masa depan Indonesia," ujarnya dikutip dari Kompas.com (14/1/2024).

"Dia akan mampu bersaing dan mengalahkan bangsa-bangsa lain. Dia akan menjadi insinyur, dokter, pengusaha, pekerja modern, nelayan modern, akan jadi bangsa yang modern,” imbuhnya.

2. Menuntaskan kemiskinan dan memberikan pendidikan gratis

Janji lain yang diusung oleh pasangan Prabowo-Gibran yakni ingin menuntaskan kemiskinan yang ada di Indonesia.

"Saudara-saudara sekalian kita Koalisi Indonesia Maju Prabowo Gibran kami bertekad menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia," ujar Prabowo, (2/2/2024).

Prabowo-Gibran bertekad untuk secepatnya mensejahterakan rakyat Indonesia, termasuk akan memebrikan pendidikan gratis untuk seluruh anak Indonesia.

"Kami ingin semua pendidikan untuk anak-anak kita tidak perlu bayar apa pun saudara sekalian," katanya.

3. Sekolahkan anak buruh sampai

Saat kampanye, Gibran Rakabuming Raka juga janjikan bakal sekolahkan anak buruh hingga menjadi sarjana, jika menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Nanti yang namanya KIP (Kartu Indonesia Pintar), beasiswa, nanti akan coba kami prioritaskan untuk anak-anak serikat pekerja," kata Gibran saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) di Gelora Delta Sidoarjo, pada Minggu (28/1/2024).

Baca Juga: Ada 45 Ruas Jalan di Jakarta Akan Ditutup saat Pelantikan Presiden, Jangan Sampai Terjebak Macet!

Tidak hanya memberikan beasiswa kepada anak kaum buruh hingga tamat SMA, dia juga menjanjikan bakal menyekolahkan hingga sarjana.

"Kalau bisa nanti S1 semua," jelasnya.

4. Menaikan gaji guru dan mensejahterakan petani serta nelayan

Selanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran mengaku juga bakal menaikkan gaji guru serta mensejahterakan petani dan melayan apabila mereka terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI.

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, Kompas.com


TERBARU