> >

Puncak Hari Santri 2024: Musisi Legendaris Ramaikan Penutupan, Prabowo Subianto Pembina Upacara

Humaniora | 20 Oktober 2024, 02:08 WIB
Launching Peringatan Hari Santri 2024 (Sumber: Dok Ditjen Pendis Kemenag)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Malam puncak peringatan Hari Santri 2024 akan digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada Senin mendatang (21/10/2024).

Acara penutupan peringatan Hari Santri 2024 ini bakal menampilkan musisi legendaris Sam Bimbo dan sejumlah artis musisi lainnya. 

Di antaraya Fadly (Padi), Wafiq Azizah, Humayra Syifa, Husain Alatas, Anisa Rahman, Veve Zulfikar, dan Sastro Adi. Adapun untuk iringan musiknya akan dibawakan oleh NU Light Orchestra.

Baca Juga: Link Download Logo Hari Santri 2024 Format JPG dan PNG, Apel Dilaksanakan 22 Oktober

Selain penampilan para musisi, digelar pula beragam kegiatan lainnya.

Yakni pameran foto & video untuk santri dan pesantren, serta pemberian hadiah bagi para pemenang lomba yang digelar dalam rangkaian Hari Santri 2024.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag), Basnang Said mengatakan, peringatan hari santri bukan sekedar seremoni belaka.

Tetapi penegasan pesantren telah memasuki era baru yang lebih rekognitif dan diafirmasi penuh oleh pemerintah.

"UU Pesantren telah membawa perubahan besar pada pendidikan di Indonesia, di mana pesantren mendapat pengakuan sebagai lembaga pendidikan yang sah dalam sistem pendidikan nasional. Ini menjadi kekayaan bagi negara, karena pesantren memiliki sumber daya manusia yang berkualitas," katanya di Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Sebelum UU Pesantren disahkan tahun 2019, pendidikan pesantren dianggap diakui dalam Sistem Pendidikan Nasional, dan dianggap tidak setara dengan sekolah berijazah pemerintah. 

Namun, setelah diundangkannya Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren itu, pendidikan pesantren memiliki status yang sama dengan pendidikan formal lainnya. 

Penulis : Redaksi Kompas TV Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU