> >

Megawati Dipastikan Tidak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Kondisi Kurang Fit dan Flu

Peristiwa | 19 Oktober 2024, 15:20 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (14/7/2024). (Sumber: Dokumen Humas DPP PDIP. )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri tidak akan menghadiri pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR, Minggu (20/10/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Sabtu (19/10/2024).

“Yang kami dapatkan, posisinya Ibu Mega baru saja tiba dari perjalanan lawatan ke Uzbekistan, napak tilas perjalanan Bung Karno ke Imam Bukhari,” ujar Muzani.

Baca Juga: Gibran Jalani Gladi Bersih Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Kompleks Parlemen

Dalam perjalanan tersebut, kata Muzani, Megawati terkena flu dan mesti beristirahat. Oleh karena itu, Megawati menyampaikan tidak bisa hadir pada acara pelantikan besok.

“Ibu kondisinya kurang fit dan flu, maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Maka dengan sangat menyesal Ibu memberikan kabar kepada kami melalui Ketua Fraksi PDI-P MPR RI, Ahmad Basarah untuk beristirahat,” kata Muzani.

Sebagai gantinya, sambung Muzani, Megawati meminta semua anggota Fraksi PDI-P MPR RI wajib menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Baca Juga: Hasto: Budi Gunawan Bukan Anggota PDIP, Selama Ini Tugasnya sebagai Mata Telinga Presiden

“Atas instruksi itu, kami merasa terhormat dan berterima kasih atas keputusan Ibu Mega dan mudah-mudahan tidak mengurangi khidmat dan kekhusyukan acara besok,” ucap dia.

Ahmad Basarah sempat menemui Megawati di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU