> >

Kode Ada 46 Kementerian di Kabinet Prabowo, JK: Itu Hak Prerogatif, Kita Evaluasi Setahun Kemudian

Politik | 18 Oktober 2024, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, merespons kabar Prabowo akan membentuk kabinet dengan 46 kementerian. Menurutnya, hal itu masih dalam hitungan.

Dasco memberi petunjuk, jumlah kementerian akan disesuaikan dengan janji kampanye Prabowo, yakni Asta Cita dan 17 program aksi.

Pembekalan calon menteri dan wakil menteri, hingga kepala badan di pemerintahan Prabowo-Gibran sudah digelar dalam dua hari terakhir. Totalnya ada lebih dari 100 orang yang sebelumnya dipanggil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

Sebelumnya, memang jumlah kementerian akan bertambah dibanding era Presiden Joko Widodo yang hanya berjumlah 34. Aturan soal kabinet gemuk ini pun sudah ditandatangani Jokowi.

Soal aturan ini sudah dipublikasikan situs Sekretariat Kabinet pada 17 Oktober 2024, yakni Presiden Joko Widodo sahkan Undang-Undang Nomor 61 Tahun 2024 tentang Perubahan UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

Nantinya dimungkinkan pembentukan kementerian baru berdasarkan sub urusan pemerintahan tertentu. Presiden juga diberikan wewenang untuk mengubah unsur organisasi kementerian sesuai dengan kebutuhan pemerintahan.

Baca Juga: Pertemuan Prabowo-Megawati di Bogor? Puan: Insyaallah

#kementerian #prabowo #kabinet #jusufkalla #jokowi 

Penulis : kharismaningtyas

Sumber : Kompas TV


TERBARU