> >

Hari Ini DPR Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Herindra sebagai Calon Kepala BIN

Politik | 16 Oktober 2024, 06:30 WIB
Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra (dua kiri) memberikan klarifikasi dan keterangan resmi terkait isu dugaan korupsi pembelian pesawat tempur bekas Mirage 2000-5 dari Qatar saat jumpa pers di Kantor Kemhan RI, Jakarta, Senin (12/2/2024). Herindra pada hari ini, Rabu (16/10/2024) akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kepala BIN di DPR. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Genta Tenri Mawangi)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Letjen TNI (Purn) Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada hari ini, Rabu (16/10/2024). 

Herindra diusulkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menggantikan Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surat presiden (surpres) pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra yang insyaallah akan dilaksanakan fit and proper-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu insyaallah besok pagi di DPR," kata Puan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/10).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tunjuk Herindra Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Puan menjelaskan, DPR membentuk tim khusus untuk membahas lebih lanjut mekanisme pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN. 

“Rapat konsultasi memutuskan membentuk tim yang dipimpin oleh pimpinan DPR yang mempunyai tugas untuk membahas pertimbangan atas pemberhentian dan pengangkatan calon kepala BIN,” katanya. 

Berikut nama-nama anggota tim khusus pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN, antara lain:

1. Fraksi PDIP: Utut Adianto, Said Abdullah, Dolfie O.F.P

2. Fraksi Partai Golkar: Muhammad Sarmuji, Muktarudin, Sari Yuliati

3. Fraksi Partai Gerindra: Budi Satrio Djiwandono, Bambang Hariadi, Endipat Wijaya

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU