> >

Inilah Deretan Wajah Baru Calon Menteri yang Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

Politik | 15 Oktober 2024, 12:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang transisi pemerintahan, Prabowo Subianto mulai memanggil calon menteri dan wakil menteri untuk kabinetnya di Kertanegara, Senin (14/10/2024).

Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh untuk calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Total ada 49 tokoh yang telah dipanggil.

Para calon menteri, baik politisi maupun pegiat sosial, hadir di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan untuk berdiskusi mengenai kesediaan dan arahan jika ditunjuk menjadi menteri.

Prabowo menyatakan bahwa para tokoh ini hadir karena mereka mengaku bersedia menjadi menteri.

Ada tokoh baru yang belum pernah bergabung di pemerintahan, salah satunya Veronica Tan.

Meskipun ia tidak mengungkap posisi menteri yang ditawarkan, ia berkomitmen untuk membantu masyarakat, khususnya ibu-ibu dan anak-anak.

Sejumlah politisi baru juga dipanggil sebagai calon menteri, termasuk Nusron Wahid dari Partai Golkar.

Nusron adalah anggota DPR RI sejak 2004. Setelah dipanggil, Nusron menyatakan bahwa Prabowo meminta bantuannya untuk kabinet, namun ia menyerahkan keputusan mengenai posisi menteri kepada presiden terpilih.

Kader Golkar lainnya yang dipanggil adalah Wihaji, mantan Bupati Batang, Jawa Tengah, periode 2017-2022.

Nama lain yang dipanggil adalah Fadli Zon, pengurus Partai Gerindra yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR dan saat ini merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Ada juga Yandri Susanto, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional, yang merupakan anggota DPR RI sejak 2012.

Pemanggilan calon menteri dan calon wakil menteri akan dilanjutkan hari ini, Selasa (15/10/2024).

Menarik untuk ditunggu apakah akan ada politisi dari PDI Perjuangan yang hadir, mengingat hingga malam kemarin, belum ada satu pun politisi dari PDIP yang menyambangi kediaman Prabowo.

Setelah seluruh calon menteri dan wakil menteri dipanggil, nama-nama terpilih akan diberikan pembekalan di kediaman Prabowo di Hambalang, Rabu (16/10/2024) esok.

#politik

Penulis : Shinta-Milenia

Sumber : Kompas TV


TERBARU