> >

Prabowo: Proses Uji Kelayakan Calon Menteri Sudah Berjalan Lama

Politik | 12 Oktober 2024, 12:52 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menyampaikan keterangan kepada wartawan menjelang pertemuan internal dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Sumber: ANTARA/Andi Firdaus)

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku sudah melakukan proses uji kelayakan calon menteri di kabinetnya sejak lama. Kini sedang dipelajari setelah diajukan oleh masing-masing ketua umum partai politik.

"Sebenarnya prosesnya sudah berjalan lama. Pimpinan-pimpinan partai koalisi mengajukan nama-nama yang akan kami pelajari," kata Prabowo ketika ditemui di kediaman pribadinya Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (11/10/2024), dikutip dari Antara.

Prabowo mengatakan, usulan-usulan yang diajukan itu dibicarakan dan didiskusikan bersama timnya. Nama-nama calon menteri, kata Prabowo, ada sebagian yang memang sudah lama dipantau oleh dirinya.

Baca Juga: Gerindra Pastikan Elite PKS Belum Ajukan Nama Calon Menteri Seusai Bertemu Prabowo

"Saya harus akui, yang diajukan banyak sekali yang sangat bagus, sangat kapabel, dan juga sebagian (nama) sudah lama kita pantau,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa tim dari Prabowo Subianto sedang memproses nama-nama yang akan masuk jajaran kabinetnya.

Nantinya, kata Dasco, akan ada semacam uji kelayakan dan kepatutan terhadap nama-nama tersebut.

Baca Juga: Soal Peluang Penambahan Jumlah Kementerian di Era Prabowo-Gibran, Ini Jawaban Gerindra Sufmi Dasco

"Yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu finalisasi. Nanti akan ada fit and proper test. Walaupun sudah dilakukan oleh tim, tetapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka, untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco, Jumat (11/10/2024).

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU