> >

Viral Video Narasi Gibran Mengundurkan Diri Sebagai Wakil Presiden Terpilih, Ini Faktanya

Humaniora | 8 Oktober 2024, 10:11 WIB
Tangkapan layar salah satu video yang menarasikan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memutuskan mengundurkan diri. Faktanya, video tersebut merupakan pengunduran diri Gibran sebagai Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah. (Sumber: TikTok/Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang beredar di platform TikTok telah menimbulkan kebingungan di kalangan netizen.

Video tersebut dinarasikan sebagai pengumuman pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka dari posisinya sebagai Wakil Presiden Terpilih. Namun, klaim ini ternyata tidak akurat.

"Beneran Mas Gibran mundur sebagai Cawapres?" tulis narasi dalam video tersebut ditimpa dengan video pengunduran diri Gibran.

Sebagaimana dilaporkan Antara, Senin (7/10/2024), video yang beredar tersebut sebenarnya merupakan rekaman saat Gibran mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta. Peristiwa ini terjadi pada Rapat Paripurna DPRD Surakarta tanggal 17 Juli 2024.

Video serupa juga dapat ditemukan di kanal YouTube KompasTV dengan judul "Mengundurkan Diri Sebagai Wali Kota Solo, Gibran Siapkan Diri untuk Pelantikan Wakil Presiden".

Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa Gibran mengundurkan diri untuk mempersiapkan pelantikannya sebagai wakil presiden yang dijadwalkan pada 20 Oktober 2024.

Berikut adalah transkrip lengkap dari pernyataan pengunduran diri Gibran:

Baca Juga: Yel-Yel Fufufafa Bergema Warnai Pengundian Nomor Urut Cagub-Cawagub Jatim

"Menindaklanjuti Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 504 tahun 2024 tentang penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam pemilihan umum 2024. Yang bertanda tangan dibawah ini, nama Gibran Rakabuming Raka, Jabatan Wali Kota Surakarta, bersama ini mengajukan pengunduran diri sebagai Wali Kota Surakarta masa jabatan 2021 – 2026 sehubungan dengan telah ditetapkannya sebagai wakil presiden terpilih dalam Pemilihan Umum 2024. Demikian untuk dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya."

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebutkan video tersebut sebagai pengunduran diri Gibran dari posisi Wakil Presiden Terpilih adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori disinformasi.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU