> >

Tips Ridwan Kamil Atasi Macet di Jakarta: Mau Bikin River Way hingga Kebijakan WFH Bergilir

Politik | 6 Oktober 2024, 21:01 WIB
Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) malam. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) memiliki cara khusus untuk mengurangi macet di Jakarta.

Ia menyebut terdapat dua ideologi dalam mengatasi macet di Jakarta, pertama terkait fasilitas transportasi umum guna mengakomodasi pergerakan masyarakat.

"Mengatasi macet ada dua ideologi, ideologi memfasilitasi pergerakan MRT, LRT, Transjakarta, bikeway, busway dan sebagainya," kata Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilkada Jakarta yang berlangsung di JIExpo Senayan, Jakarta, Minggu (6/10/2024) malam.

Tak hanya itu, mantan Gubernur Jawaa Barat itu juga ingin berinovasi dengan membangun river way atau jalur sungai.

"Kita mungkin akan coba berinovasi membuat river way atau perahu melintasi 13 sungai di Jakarta," jelasnya.

"Kemudian juga perluasan yang namanya fly over masih dibutuhkan secara reality," imbuh RK dikutip dari Breaking News KompasTV.

Baca Juga: Jelang Debat Perdana, Ridwan Kamil: Persiapan Mantap, Sudah Belajar Ilmu-Ilmunya, Minta Doanya

Sementara untuk ideologi kedua, pasangan yang dijuluki RiDo (Ridwan Kamil-Suswono) ini adalah mengurangi pergerakan.

"Membangun pusat-membangun pertumbuhan, CBD-CBD di Ancol, PIK, Meruya, Kelapa Gading, TB Simatupang, sehingga orang Selatan tinggalnya di Selatan tidak usah ke pusat, kerja di Selatan, nge-mall di Selatan, orang di Barat, kerja di Barat nge-mall di pusat," ucapnya.

Tak hanya itu, Ridwan Kamil-Suswono juga menawarkan program work from home atau WFH secara bergiliran untuk para pekerja.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU