> >

Wakil Ketua DPR: Nomenklatur Kementerian di Pemerintahan Prabowo Diketahui Paling Lambat 14 Oktober

Politik | 4 Oktober 2024, 19:40 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Cucun Ahmad Syamsurizal di Gedung DPR, Jumat (4/10/2024). (Sumber: Antara/Bagus Ahmad RIzaldi)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nomenklatur kementerian di pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan diketahui paling lambat 14 Oktober 2024.

Penjelasan itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Cucun Ahmad Syamsurizal di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Pihaknya akan menunggu kepastian jumlah dan nomenklatur kementerian untuk menentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) atau jumlah komisi di DPR periode 2024-2029.

"Kita belum tahu pasti, yang pasti dengar-dengar tanggal 10, paling lambat tanggal 14 sudah bisa disinkronkan dengan AKD yang ada di DPR," kata Cucun, seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Cindy Permadi dan Bondan.

Baca Juga: Jumpa Prabowo, DPD RI Siap Dukung Pemerintahan Mendatang

Ia menjelaskan, AKD bakal diputuskan nanti agar tidak ada "bongkar pasang". Menurutnya, hal yang berkaitan dengan penambahan dan nomenklatur kementerian pun akan dibahas dengan DPR.

"Lebih baik kita menunggu hasil dari sudah keluarnya nomenklatur ini," imbuhnya.

Meski menyebut nomenklatur kementerian paling lambat akan diketahui 14 Oktober, ia memprediksi nama menteri belum akan disebutkan saat pengumuman nomenklatur.

Kemungkinan, nama-nama menteri akan diumumkan setelah pelantikan presiden.

Baca Juga: Soal Komposisi Kabinet Prabowo-Gibran, PAN: Kita Ikuti Presiden Saja!

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : KOMPAS TV, Antara


TERBARU