> >

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Temef di NTT Senilai Rp2,7 Triliun

Peristiwa | 2 Oktober 2024, 08:43 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Temef di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (3/10/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Temef di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (2/10/2024).

Bendungan Temef merupakan bendungan keempat yang dibangun pemerintahan Presiden Jokowi di NTT.

“Kunci kemakmuran di NTT adalah air, tanpa air jangan membayangkan Provinsi NTT kita ini akan makmur dan sejahtera,” ujar Presiden Jokowi.

“Oleh sebab itu, pemerintah dalam 10 tahun ini telah membangun bendungan di NTT ada empat: satu Bendungan Rotiklot, dua Bendungan Raknamo, tiga Bendungan Napun Gete, dan yang sekarang Bendungan Temef di Timor Tengah Selatan,” tambahnya.

Baca Juga: Hashim: Prabowo Sudah Menunggu 2 Tahun untuk Bertemu Megawati

Presiden Jokowi lebih lanjut menyampaikan, Bendungan Temef sudah dibangun sejak tahun 2017. Menurut Presiden Jokowi, pembangunan Bendungan Temef memakan waktu hingga tujuh tahun karena memiliki daya tampung yang besar.

“Bendungan ini dibangun sejak 2017, artinya sudah tujuh tahun bendungan ini dibangun, karena memang bendungan yang sangat besar, luas genangan 298 hektar,” kata Presiden Jokowi.

“Ini nanti bisa menampung air sebanyak 45 juta meter kubik air, sangat besar sekali, yang akan sangat bermanfaat bagi petani untuk menanam padi, jagung, ketela, dan lain-lainnya dan juga bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan di Kabupaten Malaka,” tambah Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menuturkan, pembangunan Bendungan Temef dibangun dengan biaya Rp2,7 triliun.

Baca Juga: 580 Anggota DPR Dilantik, Charta Politika: Harapan Harus Tetap Ada Walaupun Dikecewakan Berkali-kali

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU