> >

Surya Paloh: Saan Mustopa Jadi Wakil Ketua DPR dari Fraksi NasDem

Politik | 1 Oktober 2024, 15:26 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (30/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan kadernya, Saan Mustopa, telah disepakati untuk menjadi wakil ketua DPR RI periode 2024-2029 dari Fraksi NasDem. 

"Ya benar (Saan Mustopa jadi wakil ketua DPR). Kita ucapkan selamat saja kepada Kang Saan," kata Paloh di gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/10/2024). 

Ia berharap seluruh kader NasDem yang menjadi anggota DPR bisa menjaga kepercayaan masyarakat. 

Baca Juga: Surya Paloh Buka Suara soal Diskusi dengan Prabowo Subianto soal Porsi Menteri

"Ini merupakan kegembiraan bagi kebangsaan keluarga besar Partai NasDem ya. Sudah terlaksananya pelantikan pada hari ini," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengusulkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029. 

"Kalau dari pandangan PDIP yang paling pas Pak Muzani," kata Said di gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/10/2024). 

Dia mengatakan, untuk posisi ketua DPR, sepertinya sudah ada kesepakatan akan diduduki Puan Maharani. Sebab berdasarkan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3), kursi ketua DPR merupakan jatah PDIP. 

Baca Juga: Surya Paloh Tegaskan Nasdem Tak Ingin Jadi Prioritas di Jatah Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

"Dari PDIP sesuai dengan UU MD3 insyaallah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan, mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," ujarnya.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU