> >

Saan Mustopa Siap Ditugaskan Partai NasDem Jadi Pimpinan DPR

Peristiwa | 1 Oktober 2024, 15:15 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa. Saan mengaku siap ditugaskan untuk menjadi wakil Ketua DPR RI. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua Umum Partai NasDem Saan Mustopa mengaku siap ditugaskan sebagai Pimpinan DPR RI periode 2024-2029.

“Siap (jika) sama partai ditugaskan, nanti lihat sidangnya nanti malam,” kata Saan Mustopa di Gedung DPR, Selasa (1/10/2024). Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Saan menuturkan, sidang untuk penentuan pimpinan DPR RI periode 2024-2029 akan dilakukan malam ini pukul 19.00 WIB. 

“Yaa kalau dari agenda yang kami dapatkan untuk penentuan sidang terkait dengan pimpinan DPR itu nanti malam jam 07.00, nanti jam 15.00 akan ada rapat konsultasi pimpinan fraksi dan pimpinan DPR sementara untuk menentukan agenda-agenda persidangan pasca pelantikan,” jelasnya.

Baca Juga: 580 Anggota DPR Baru Hadapi Rapot Merah, Formappi: Buntut Kinerja DPR 2019-2024 Buruk

Sebelumnya Politisi PDI Perjuangan (PDI-P) Said Abdullah mengungkapkan sejumlah nama yang berpeluang menjadi Pimpinan DPR untuk lima tahun ke depan.

Antara lain adalah, Puan Maharani dari Fraksi PDIP, Sufmi Dasco Ahmad dari  Fraksi Gerindra, Adies Kadir dari Fraksi Golkar, Saan Mustopa dari Fraksi NasDem,  dan Faisol Riza dari Fraksi PKB.

“Kalau Pimpinan DPR inshaAllah yang pertama ketuanya Mbak Puan, saya dengar kalau dari Gerindra inshaAllah bapak Sufmi Dascom kalau dari PKB saya dengar Pak Riza mantan Ketua Komisi 6 (DPR RI Periode 2019-2024), kalau dari NasDem kalau tidak keliru pendengaran saya itu Saan Mustofa, kemudian dari Golkar teman saya dari Jawa Timur,” ujar Said. Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Sebelumnya, 580 Anggota DPR Periode 2024-2029 resmi dilantik pada Rapat Paripurna perdana di Gedung DPR RI, 1 Oktober 2024. Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPR RI sementara dari perwakilan anggota yang paling tua yakni Guntur Sasono.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU