> >

Sufmi Dasco Buka Suara soal Puan Maharani Berpeluang Kembali Sebagai Ketua DPR RI

Politik | 1 Oktober 2024, 06:15 WIB
Puan Maharani dan Sufmi Dasco Ahmad. Akankan Puan kembali menjadi Ketua DPR RI, Sufmi berikan jawabannya. (Sumber: KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Puan Maharani kembali berpeluang menduduki jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Pasalnya Puan Maharani disebut menjadi calon tunggal Ketua DPR RI dari Perjuangan (PDI-P) untuk periode 2024-2029, dimana pelantikan anggota DPR, DPD, MPR RI dilakukan pada hari ini, Selasa (1/10/2024).

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan tidak ada revisi Undang-Undang (UU) MPR/DPR/DPD/DPRD (MD3) alias masih memakai aturan yang lama. 

Baca Juga: Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Terkait Kasus Korupsi Korporasi Duta Palma Grup

"Ya kan kita sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini," jelas Dasco saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9) mengutip Wartakotalive.

Dengan demikian maka partai pemenang pemilu nantinya tetap akan menduduki kursi Ketua DPR RI. Adapun partai pemenang Pemilu 2024 adalah PDI Perjuangan sehingga berhak atas kursi Ketua DPR RI.

Sementara untuk jabatan pimpinan DPR RI seperti Wakil Ketua DPR RI nanti akan ditempatkan untuk pemenang Pileg urutan selanjutnya.

"Tentunya kalau melihat UU MD3 paket pimpinan itu sudah diatur dengan ketentuan paket pimpinan pemenang satu kedua ketiga keempat dan kelima yang nanti akan diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," pungkas Dasco yang juga politikus Partai Gerindra ini.

Hanya saja perihal siapa nama yang akan menjabat sebagai Ketua DPR RI, masih harus ditempuh melalui pembahasan di fraksi-fraksi yang ada.

"Yang nanti akan diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," ujar Sufmi Dasco Ahmad..

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU