> >

Presiden Jokowi Terima Pengunduran Diri Dua Menteri dari PKB, Siapa Saja?

Politik | 30 September 2024, 19:53 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf kepada jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Rapat Kabinet terakhir yang digelar di IKN, Jumat (13/9/2024).. (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dilaporkan telah menerima surat pengunduran diri Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Daerah, Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar pada hari ini, Senin (30/9/2024).

Ida Fauziyah dan ABdul Halim Iskandar, keduanya berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengundurkan diri karena akan dilantik sebagai anggota DPR RI pada Selasa (1/1) besok. Keduanya menjadi caleg PKB dan berhasil terpilih dalam pemilu legislatif 2024.

Baca Juga: Jokowi Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Atas KRI RJW-992

"Bapak Presiden telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah dalam jabatan masing-masing sebagai Menteri Desa, Daerah Tertinggal. dan Transmigrasi serta Menteri Ketenagakerjaan," kata Koordiantor Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana, Senin (30/9). Dikutip dari Kompas.com.

Ari Dwipayana menambahkan, Presiden Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar. Eks wali kota Surakarta itu disebut telah meneken Keprres pemberhentian denga hormat kedua menteri.

Keppres itu disebut disertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdian Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar selama menjabat di Kabinet Indonesia Maju.

"Presiden menyetujui pengunduran diri tersebut dan telah menandatangani Keppres pemberhentian dengan hormat Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah," kata Ari.

"Keppres tersebut tengah dalam proses pengundangan di Kementerian Sekretariat Negara."

Belum diketahui siapa yang akan ditunjuk Jokowi untuk menggantikan posisi Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar jelang berakhirnya pemerintahan Kabinet Indonesia Maju pada 20 Oktober mendatang.

Sebelumnya, Jokowi telah merombak kabinet jelang masa jabatannya berakhir. Pada 11 September lalu, Jokowi mengganti Menteri Sosial Tri Rismaharini yang maju di Pilkada Jatim 2024. Jokowi menunjuk Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai pengganti Risma.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas.com


TERBARU