> >

BMKG Peringatkan Suhu Panas Ekstrem di Berbagai Wilayah, Ada yang Sentuh 37 Derajat Celsius

Peristiwa | 25 September 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi suhu panas (Sumber: SHUTTERSTOCK)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan kepada masyarakat di sejumlah kota besar Indonesia untuk mewaspadai dan mengantisipasi dampak suhu panas ekstrem, Rabu (25/9/2024).

Berdasarkan analisis BMKG dalam 24 jam terakhir, suhu maksimum harian di beberapa wilayah mencapai 34 hingga 37 derajat Celsius.

Ketua Tim Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Fenomena Khusus BMKG, Miming menyampaikan bahwa Palu, Sulawesi Tengah, mencatatkan suhu tertinggi mencapai 37,0 derajat Celsius.

Sementara itu, wilayah-wilayah seperti Bima (Nusa Tenggara Barat), Sentani (Papua), dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan) mengalami suhu maksimum antara 36,0 hingga 36,2 derajat Celsius.

BMKG juga melaporkan suhu panas maksimum antara 35,0 hingga 35,9 derajat Celsius di berbagai wilayah.

Termasuk beberapa daerah di Kalimantan Barat (Melawi, Kapuas Hulu, Sintang), Barito Utara, Berau, Makassar, Gorontalo, Surabaya, Palangkaraya, Kotawaringin Barat, dan Semarang.

Selain itu, suhu antara 34,5 hingga 34,7 derajat Celsius terdeteksi di Nusa Tenggara Timur (Maumere, Sikka), Tapanuli Tengah (Sumatera Utara), dan Lampung.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 25 September, Ini Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat

Sebagaimana dilaporkan Antara, Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan, fenomena suhu panas ini berkaitan dengan posisi titik semu matahari yang melintasi ekuator dan minimnya tutupan awan.

Namun, ia menegaskan, kondisi ini masih dalam kategori normal dan tidak berdampak pada perubahan musim di Indonesia.

Penulis : Danang Suryo Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU