> >

Tol Jogja-Solo Mulai Beroperasi Hari Ini, Tahap Sosialisasi Masih Gratis

Peristiwa | 20 September 2024, 08:25 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024). (Sumber: Antara/Aris Wasita )

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo, atau dikenal juga sebagai Tol Jogja-Solo, seksi 1 Kartasura-Klaten.

Jokowi memproyeksikan bahwa setelah jalan tol ini beroperasi penuh, waktu tempuh antara Solo dan Yogyakarta bisa berkurang menjadi hanya 30-50 menit. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan di jalan nasional secara signifikan.

Selain itu Jokowi menekankan pentingnya jalan tol ini dalam mengatasi masalah kemacetan. Ia membandingkan pengalamannya saat kuliah, di mana perjalanan Solo-Yogyakarta dengan sepeda motor hanya memakan waktu 50 menit, dengan kondisi saat ini yang bisa mencapai 3-4 jam dengan mobil.

"Inilah fakta di lapangan padahal kita membutuhkan kecepatan, ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi untuk mengefisienkan waktu tempuh dari Solo menuju ke Jogja," ujar Jokowi dalam peresmiannya, Kamis (19/9/2024).

Berikut rincian utama dari peresmian jalan tol tersebut:

Spesifikasi Jalan Tol

  • Panjang: 22,3 kilometer
  • Biaya pembangunan: Rp 5,6 triliun
  • Rute: Kartasura-Klaten (Seksi 1)

Baca Juga: Info Samsat Keliling di Jadetabek Jumat 20 September 2024, Ini Lokasi dan Jadwalnya

Operasional

  • Mulai beroperasi: 20 September 2024, pukul 00.00 WIB
  • Tarif: Gratis (nol rupiah) untuk pengguna jalan yang masuk dan keluar di seksi ini

Penting untuk dicatat bahwa meskipun penggunaan jalan tol ini gratis untuk perjalanan dalam seksi Kartasura-Klaten, pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus dari arah Barat dan Timur Jalan Tol Trans Jawa menuju Klaten (atau sebaliknya) yang keluar via GT Banyudono, GT Polanharjo, dan GT Klaten akan tetap dikenakan tarif Jalan Tol Trans-Jawa.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, menyampaikan bahwa jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta berperan penting dalam menumbuhkan perekonomian sekitar.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU