> >

Peserta Seleksi Capim dan Dewas KPK Akan Jalani Tes Wawancara dan Kesehatan Mulai Hari Ini

Peristiwa | 17 September 2024, 08:30 WIB
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK (Sumber: KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Peserta seleksi calon pimpinan (capim) dan calon dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melaksanakan tes wawancara dan kesehatan mulai hari ini, Selasa (17/9/2024).

Sebelumnya, para peserta yang akan menjalani tes ini telah dinyatakan lulus pada seleksi profile assessment yang diumumkan oleh panitia seleksi (pansel) KPK pekan lalu.

Berdasarkan informasi dari Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK, hari ini 20 peserta capim KPK akan menjalani tes wawancara, sedangkan calon anggota dewan pengawas (dewas) akan menjalani tes kesehatan.

Pansel menjadwalkan tes wawancara untuk anggota dewas pada 19-20 September, bersamaan dengan tes kesehatan terhadap peserta seleksi capim KPK.

"Pada tanggal 17-18 Capim tes wawancara dan Dewas tes kesehatan," sebagaimana dikutip dari keterangan resmi pansel, Senin (16/9/2024), dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Tidak Lolos Seleksi Capim KPK, Ini Respons Nurul Ghufron

Pansel telah menunjuk Taufiequrachman Ruki dan Danang Trisasongko sebagai panelis wawancara untuk capim KPK.

Ruki pernah menjabat sebagai Ketua KPK periode 2003-2007. Ia merupakan pensiunan jenderal polisi. Sedangkan Danang adalah mantan Ketua Dewan Etik Indonesia Corruption Watch (ICW).

Pansel juga telah menunjuk sejumlah nama sebagai panelis untuk calon anggota dewan pengawas, di antaranya Wakil Ketua KPK periode 2015-2019 Laode M Syarif dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Ningrum Natasya Sirait.

Penunjukan panelis itu telah dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Pansel, Arif Satria.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas.com


TERBARU