> >

Pendaftar CPNS 2024 Kesulitan Beli e-Meterai, Ini Kata PT Pos Indonesia

Peristiwa | 4 September 2024, 17:19 WIB
Distributor e-meterai resmi dari Peruri untuk daftar CPNS 2024. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah pendaftar CPNS 2024 mengeluhkan kesulitan membeli e-meterai.

Dilansir Kompas.com, gangguan tidak hanya terjadi di website e-meterai Peruri saja, tetapi juga website resmi lain, di antaranya skillacademy.com, materai.id, e-meterai.ive, bahkan pembelian di gerai Kantor Pos Indonesia.

Gangguan ini menjadi persoalan karena pelamar harus mengunggah dokumen pendaftaran CPNS 2024 yang dibubuhi e-meterai sebelum ditutup pada 6 September 2024. 

Corporate Secretary PT Pos Indonesia Tata Sugiarta menyatakan Pos Indonesia saat ini juga belum bisa melayani pembelian e-meterai karena kendala sistem dari Peruri.

Ia menyebut Peruri ditunjuk sebagai issuer dan PT Pos Indonesia sebagai pihak operator distribusi.

"E-meterai ini Peruri yang ditunjuk sebagai issuer. Pos adalah operator channel distribusi saja. Pemilik produknya Dirjen Pajak (DJP)," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (4/9/2024).

Sejauh ini, kata Tata, pihaknya hanya dapat menunggu informasi dari Peruri dan tidak bisa memastikan kapan layanan akan kembali beroperasi.

Sementara Peruri melalui akun Instagram resminya menjelaskan, website mereka mengalami gangguan akibat peningkatan traffic yang signifikan.

Untuk menjaga performa layanan, sistem antrean diterapkan. Namun, banyak pelamar yang masih tidak bisa melakukan pembelian e-meterai.

Baca Juga: 15 Distributor e-Meterai Resmi dari Peruri untuk Daftar CPNS 2024, Ini Cara Cek Asli atau Palsu

Penulis : Kiki Luqman Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Kompas.com


TERBARU