> >

Sepekan ke Depan, BMKG Prediksi 24 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin hingga 22 Agustus 2024

Peristiwa | 16 Agustus 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi hujan (Sumber: Fidel Ali)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan prospek cuaca 7 hari ke depan mulai hari ini, Jumat (16/8//2024) hingga 22 Agustus 2024.

Menurut BMKG, wilayah selatan Indonesia, termasuk pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, saat ini masih mengalami musim kemarau dengan cuaca yang cerah hingga berawan. 

Meskipun demikian, dalam beberapa hari ke depan, masih ada potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia, terutama di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. 

"Wilayah yang berpotensi mengalami hujan meliputi sebagian Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, serta sebagian besar wilayah di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua," tulis BMKG melalui akun Instagram @infobmkg, Kamis (15/8/2024).

Baca Juga: Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis, BMKG: Sebagian Jawa Timur-NTT Berstatus Awas

BMKG menjelaskan, potensi hujan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu gangguan fenomena gelombang Rossby Ekuatorial yang dapat meningkatkan kemungkinan hujan.

"Daerah pertemuan dan perlambatan angin yang mendukung pembentukan awan konvektif, serta labilitas udara yang menciptakan kondisi atmosfer yang tidak stabil," kata BMKG.

Peringatan Dini Cuaca BMKG 7 Hari ke Depan

Secara umum, kombinasi fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca signifikan dalam periode 16 - 22 Agustus 2024, berupa:

Baca Juga: Bisa Terjadi Sewaktu-Waktu, Apa Itu Gempa Megathrust Selat Sunda dan Mentawai-Siberut?

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU