> >

Hadiri Sidang Tahunan MPR 2024, Puan Kenakan Kebaya Emas Buatan Didiet Maulana

Peristiwa | 16 Agustus 2024, 10:04 WIB
Busana Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Dok. Humas DPR RI)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengenakan kebaya dengan nuansa warna emas dalam rangkaian Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI tahun 2024, Jumat (16/8/2024). Pakaian tersebut rancangan desainer ternama Didiet Maulana. 

Puan memakai kebaya jenis kutubaru dan tampak anggun dengan sanggul sederhana. Rupanya ada makna tersendiri dari desain kebaya yang dikenakan Ketua DPP PDI Perjuangan itu.

"Kain French Lace yang dibentuk menjadi kutubaru ini terinspirasi dari sebuah optimisme yang saya rasa patut dimiliki dalam melihat potensi indah yang dimiliki dalam diri. Bahwa setiap kita adalah emas. Bahwa setiap kita adalah emas," ujar Didiet dalam keterangan tertulis, Jumat (16/8/2024). 

Baca Juga: Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, dan Rahmat Gobel Dipastikan Hadir Upacara di IKN Besok

Menurutnya, kebaya emas tersebut memiliki makna semangat, kesuksesan, dan kemenangan yang terpancar dalam peringatan 79 tahun Indonesia merdeka. 

Motif di bagian depan dibuat tumpal dengan buketan atau bunga yang dipengaruhi busana pesisiran peranakan China.

Puan juga mengenakan selendang sutra berwarna emas muda untuk melengkapi kebaya yang dikenakannya, sebagai lambang kelembutan. 

Tak lupa ada pula aksesori bros kupu-kupu pada bagian panel tengah kebaya yang menambah manis busana yang dikenakan Puan. 

"Motif kupu-kupu banyak ditampilkan dalam berbagai motif wastra di Indonesia. Melambangkan metamorfosa, bahwa semua adalah proses yang harus dibangun satu per satu," kata Didiet.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU