> >

Presiden Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR 2024 dengan Pakaian Adat Betawi

Peristiwa | 16 Agustus 2024, 09:21 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana tiba di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan Jakarta, untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, DKI Jakarta pada Jumat (16/8/2024) pukul 08.56 WIB untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR RI 2024.

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Betawi.

"Barangkali ini sebuah simbol penghormatan kepada DKI Jakarta yang akan mengakhiri statusnya sebagai ibu kota dan kemudian bergeser ke IKN Nusantara," kata pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, dalam siaran langsung Kompas TV.

Sebagaimana diketahui, Sidang Tahunan MPR 2024 merupakan agenda krusial yang memberikan kesempatan kepada lembaga-lembaga negara untuk menyampaikan laporan kinerja kepada rakyat Indonesia.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi dijadwalkan menyampaikan dua pidato penting. Pidato pertama akan disampaikan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024, dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Presiden akan menyampaikan Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Megawati akan Bertemu Jokowi di Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 Hari Ini

Pidato kedua akan disampaikan pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025 yang dimulai pukul 13.00 WIB.

Presiden akan memaparkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan kesiapan lembaganya dalam menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024.

Penulis : Danang Suryo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU