> >

Ridwan Kamil Respons Mundurnya Airlangga dari Ketum Golkar: Tak Ada Desakan, Kita Partai Besar

Politik | 12 Agustus 2024, 14:24 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dibantu Sekertaris Jendral Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) memakaikan jas partai kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO. )

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil merespons keputusan Airlangga Hartarto mundur dari jabatan Ketua Umum (Ketum) Golkar. Ia menyebut, tak ada desakan kepada Airlangga dalam membuat langkah politik tersebut. 

Menurut dia, mundurnya Airlangga pun tak akan menggangu pencalonan dirinya sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta.

Sementara, untuk keputusan Jusuf Hamka yang juga mengundurkan diri dari kader Partai Golkar tak memengaruhi jalannya organisasi partai berlambang pohon beringin tersebut.

Baca Juga: Surya Paloh Enggan Komentar soal Airlangga Mundur dari Ketum Golkar

"Enggak ada desakan, saya juga menyimak seperti yang media simak jadi seperti yang disampaikan Pak Airlangga Hartarto aja, dan itu kan dalam dinamika kepartaian hal yang lazim dan rutin. Tidak mengganggu pencalonan saya, Jusuf Hamka kan mundur pribadi kan ada ratusan yang sudah diputuskan secara organisasi," kata pria yang karib disapa Kang Emil itu kepada wartawan, Senin (12/8/2024). 

 

Partai Golkar, kata dia, merupakan sebuah partai politik yang sudah banyak melewati beragam dinamika, sehingga bisa terus eksis di dunia politik Tanah Air. 

"Kita kan partai besar tidak tergantung oleh satu, dua individu. Enggak ada hubungan dengan Pilkada Jakarta," ujarnya. 

Sebelumnya, Airlangga mengungkapkan alasannya mundur dari jabatan Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar.

Salah satu pertimbangannya, yakni ingin fokus mengawal stabilitas transisi pemerintahan dari masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU