> >

Kasetpres Resmi Serahkan Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi untuk Diterbangkan ke IKN

Peristiwa | 10 Agustus 2024, 09:38 WIB
Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pembawa duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan pembawa Teks Proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan. (Sumber: Tangkapan Layar Breakingnews Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyerahkan duplikat Bendera Pusaka dan naskah Teks Proklamasi kepada Tim Purna Paskibraka 2023 untuk dibawa menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024).

Penyerahan tersebut dilakukan dalam prosesi kirab bendera Merah Putih dan naskah Teks Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam keterangannya, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretaria Presiden, Yusuf Permana memohon doa restu kepada seluruh rakyat Indonesia agar prosesi kirab ini berjalan lancer dalam rangka menyukseskan HUT ke-79 Republik Indonesia.

“Karena ini merupakan sejarah kali pertama, kami mohon doa restu dari warga masyarakat di manapun berada supaya acara ini berjalan lancar berjalan baik sebagaimana harapan kita bersama karena ini juga rangkaian pagelaran rangkaian peringatan HUT RI. Sehingga kewajiban kita bersama menyukseskan semua acara rangkaian HUT Kemerdekaan,” ujarnya, Sabtu (10/8/2024).

Sementara itu berdasarkan tayangan Breakingnews Kompas TV, petugas yang membawa duplikat Bendera Pusaka adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah dan pembawa Teks Proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Keduanya kemudian berjalan dari Ruang Kemerdekaan Monas menuju kendaraan taktis buatan PT Pindad yang akan membawanya melewati Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, dan Bandara Halim Perdanakusuma dengan iring-iringan Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

Prosesi kirab bendera Merah Putih dan naskah Teks Proklamasi direspons antusiasme warga Jakarta yang sudah menunggu di sepanjang rute.

Baca Juga: PKB Nyatakan Bersinergi dengan Gerindra di Pilkada Jakarta, Bagaimana Nasib Dukungan ke Anies?

Mereka memadati trotoar di sepanjang Jl Merdeka Barat untuk menyaksikan atraksi marching band hingga iring-iringan kendaraan taktis yang ditumpagi Tim Purna Paskibraka 2023 pembawa bendera Merah Putih dan naskah Teks Proklamasi.

Bahkan antusiasme warga ditunjukkan dengan kompak menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti halnya sekali Merdeka Tetap Merdeka.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU