> >

Besok Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dimulai dari Monas dan Berakhir di IKN

Peristiwa | 9 Agustus 2024, 17:15 WIB
Sejumlah prajurit TNI berkuda membawa kereta kencana saat mengikuti Kirab Bendera Pusaka Merah Putih di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, akan digelar prosesi kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada Sabtu (10/8/2024).

Prosesi tersebut menjadi sejarah baru dalam tradisi peringatan kemerdekaan, mengingat untuk pertama kalinya simbol kemerdekaan Indonesia tersebut dibawa ke IKN.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, kirab akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang disimpan di Ruang Kemerdekaan Monas. 

Nantinya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono akan menyerahkan kedua simbol penting tersebut kepada Tim Purna Paskibraka 2023 yang siap mengemban tugas mulia ini. 

"Tim Purna Paskibraka 2023 yang akan bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan," kata Yusuf dalam siaran pers yang diterima Kompas TV, Jumat (9/8/2023).

"Selanjutnya, bendera dan teks proklamasi tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) 'Maung' dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band," imbuhnya.

Rute kirab tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya berakhir di Istana Merdeka, Jakarta. 

Baca Juga: Kirab HUT ke-79 RI Digelar Sabtu Ini di Jakarta, Heru Budi Yakin Tidak Ada Kemacetan

Kali ini, dari Monas, iring-iringan akan melewati Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Dari sana, bendera dan teks proklamasi akan diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU