> >

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat dan Petir di 17 Provinsi, Sulawesi Selatan Siaga

Peristiwa | 9 Agustus 2024, 07:37 WIB
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: scroll.in)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir di beberapa wilayah Indonesia pada Jumat (9/8/2024).

Provinsi-provinsi yang mendapat peringatan meliputi Aceh, Gorontalo, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Prakirawan Cuaca BMKG Ida Pramuwardani sebagaimana dilaporkan Antara, menyampaikan Sulawesi Selatan berada pada status siaga berdasarkan laporan cuaca berbasis dampak.

Risiko yang perlu diantisipasi meliputi gangguan lalu lintas, hambatan akses layanan air bersih atau minum, listrik, dan gas. Selain itu, potensi gangguan aktivitas sekolah dan rumah sakit, kerusakan pada jembatan, jalan, serta rumah juga menjadi perhatian utama.

Baca Juga: DI Yogyakarta Siaga Kekeringan, Hujan Buatan Disiapkan Prioritas Gunung Kidul

Ida menjelaskan bahwa wilayah lain seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Aceh, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Lampung dikategorikan sebagai waspada.

Menghadapi situasi ini, BMKG menyarankan masyarakat untuk mengambil sejumlah langkah antisipasi, di antaranya:

  • Berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruangan
  • Mencari informasi kebencanaan dari pihak-pihak terkait
  • Mengamankan dokumen-dokumen penting
  • Menghemat penggunaan listrik, air, dan gas
  • Tidak menggunakan transportasi darat bila tidak mendesak

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi risiko akibat cuaca ekstrem ini. Dengan persiapan dan informasi yang tepat, diharapkan dampak negatif dapat diminimalisir.

Baca Juga: Prakiraan BMKG: Jaksel dan Jaktim Hujan Ringan Siang Hari, Suhu Tertinggi Capai 34 Celcius

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU