> >

Prediksi Cuaca BMKG 7 Hari ke Depan, 30 Wilayah Ini Hujan Lebat, Petir, dan Angin 6-12 Agustus 2024

Peristiwa | 6 Agustus 2024, 07:13 WIB
Ilustrasi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai berdiri dan angin kencang dalam sepekan ke depan. 

BMKG mengatakan, secara umum saat ini, wilayah selatan Indonesia, termasuk pulau Bali dan Nusa Tenggara, sedang mengalami musim kemarau dengan cuaca yang cerah hingga berawan. 

"Hal ini adalah hal yang umum terjadi pada bulan Agustus karena wilayah selatan memang berada dalam periode kemarau," tulis BMKG melalui akun Instagram @infobmkg, Senin (5/8/2024).

Kendati demikian, lanjut BMKG, dalam beberapa hari ke depan terdapat potensi hujan di beberapa wilayah Indonesia, terutama di bagian utara dan tengah. 

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG, Wilayah Ini Diprediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang 6-7 Agustus 2024

Wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, NTT, serta berbagai wilayah di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Potensi hujan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk gelombang Rossby Ekuator yang dapat meningkatkan kemungkinan hujan, daerah pertemuan dan perlambatan angin yang mendukung pembentukan awan konvektif, serta labilitas udara yang menciptakan kondisi atmosfer yang tidak stabil.

Dari hasil analisis kondisi dinamika atmosfer, BMKG menjelaskan aktivitas Gelombang Rossby Ekuator yang berpropagasi ke arah timur terpantau aktif di hampir seluruh pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku dalam sepekan ke depan. 

Aktivitas gelombang kelvin juga diprakirakan aktif di seluruh pulau Papua (6 hingga 7 Agustus 2024). 

Gelombang tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU