> >

Kemenkes Gelar Program Residensi Dokter Spesialis yang Fokus pada Kesehatan Jiwa Dokter

Humaniora | 29 Juli 2024, 12:57 WIB
Ilustrasi. Kementerian Kesehatan menyelenggarakan program residensi dokter spesialis di Rumah Sakit Penyelenggara Pendidikan Utama (RSPPU), bekerja sama dengan Accreditation Council of Graduate Medical Education (ACGME). (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyelenggarakan program residensi dokter spesialis di Rumah Sakit Penyelenggara Pendidikan Utama (RSPPU), bekerja sama dengan Accreditation Council of Graduate Medical Education (ACGME). 

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan kolaborasi ini merupakan komponen penting dari transformasi sistem kesehatan Indonesia. 

Lantaran salah satu fokus utama dalam program residensi ini adalah menjaga kesehatan jiwa dokter. 

"Dokter dengan kesehatan jiwa yang baik dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien, lebih kecil kemungkinan membuat kesalahan, dan lebih cenderung tidak meninggalkan profesi," kata Dante dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Senin (29/7/2024). 

Baca Juga: Sebut Kekurangan Dokter Spesialis, Ulama Setuju Kebijakan Pemerintah Datangkan Dokter Asing

"Kemenkes ikut andil dalam memelihara kesehatan jiwa dan membantu membangun resiliensi dokter, karena mereka akan menjadi dokter masa depan yang melayani masyarakat," tambahnya. 

Ia meyakini kesehatan jiwa dokter yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

“Kita dibentuk untuk menjadi dokter terbaik. Kementerian Kesehatan akan mengupayakan membentuk dokter yang sehat, dan ahli di bidangnya,” ujarnya. 

Dia mengatakan dari 38 provinsi di Indonesia, 30 provinsi mengalami kekurangan pasokan dokter spesialis. Kemudian 38 persen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tidak memiliki tujuh tipe spesialis dasar. 

Baca Juga: Kata Jubir Kemenkes soal Alasan Munculnya Wacana Datangkan Dokter Asing ke Indonesia

Penulis : Dina Karina Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : KOMPAS TV


TERBARU