> >

Peringatan Dini BMKG 28 Juli 2024: Waspadai Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Wilayah-Wilayah Ini

Peristiwa | 27 Juli 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi. Kilatan ekor petir mewarnai hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, Jawa Barat. BMKG mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu, 28 Juli 2024. (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu, 28 Juli 2024.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani menerangkan, berdasarkan pemantauan, dalam skala global, nilai Indian Ocean Dipole (IOD), Southern Oscillation Index (SOI), dan Nino 3.4 tidak signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Madden-Julian Oscillation (MJO) berada pada fase netral dan tidak berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Sedangkan sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Pasifik sebelah utara Papua. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar Samudra Pasifik sebelah utara Papua.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di perairan barat Sumatera Utara dan Sulawesi bagian tengah.

Adapun daerah konfluensi terpantau di wilayah Laut China Selatan dan Samudra Pasifik sebelah utara Papua.

Andri mengatakan terjadi peningkatan kecepatan angin hingga lebih dari 25 knot di Laut Andaman, Samudra Hindia barat daya Banten, dan Laut Arafuru, yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut. 

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Nusa Tenggaran Timur (NTT), Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

"Secara umum, kombinasi fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca signifikan dalam periode 26 Juli - 1 Agustus 2024. Angin kencang juga berpotensi terjadi di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Barat," ujarnya.

Dalam peringatan tersebut, masyarakat di beberapa wilayah diimbau untuk bersiap menghadapi potensi hujan lebat.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU