> >

Moeldoko Proses Dugaan Keterlibatan Anggota TNI dalam Kematian Wartawan di Karo

Hukum | 17 Juli 2024, 18:12 WIB
Foto Sempurna Pasaribu, wartawan yang tewas dalam insiden kebakaran di Karo, Sumut. (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tengah memproses pembuktian terkait dugaan keterlibatan anggota TNI dalam kasus kematian wartawan di Karo, Sumatera Utara (Sumut), Rico Sempurna Pasaribu.

Hal ini disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama KSP, Joanes Joko, usai melakukan audiensi dengan perwakila Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumut di Gedung KSP Jakarta.

"Kalau terkait dugaan itu, nanti kita tunggu saja proses yang berjalan. Tapi komitmen dari KSP, apapun pelanggaran hukum, siapapun yang melakukan itu harus diproses secara hukum yang benar dan adil," kata Joanes Joko, Rabu (17/7/2024). Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: KKJ Laporkan Kasus Kematian Wartawan di Karo ke KSP, Harap Istana Kawal Proses Penyidikan

Audiensi tersebut beragendakan penyerahan laporan hasil investigasi jurnalistik yang dilakukan KKJ.

Joanes bilang, Moeldoko telah meminta agar Kedeputian V KSP melakukan pengawasan terhadap proses penyidikan kasus kematian wartawan di Karo.

Pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan KKJ. Apabila dibutuhkan, KKJ juga akan memberikan informasi dan data yang diperlukan.

"Biar nanti tim bekerja dulu, karena akan ada tim yang bekerja. Yang penting kami komitmen bahwa kebebasan pers itu menjadi yang utama," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bayu Wardhana yang mewakili KKJ berharap kasus ini diproses secara benar dan mengedepankan asas keadilan.

Bayu meyakini bahwa kematian Rico berkaitan dengan pemberitaan praktik judi yang melibatkan anggota TNI.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU