> >

Apa Itu Angin Monsun Australia yang Jadi Penyebab Suhu Dingin di Pulau Jawa? Ini Penjelasan BMKG

Peristiwa | 17 Juli 2024, 07:25 WIB
Apa itu angin monsun Australia yang menyebabkan suhu dingin di pulau Jawa (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan suhu dingin di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa disebabkan oleh Angin Monsun Australia.

Selain itu, posisi matahari yang berada di sisi utara bumi juga berperan besar dalam penurunan suhu.

Hal itu kerena wilayah Indonesia khususnya bagian selatan khatulistiwa menerima sedikit sinar matahari secara langsung dan menjadikan suhu udara lebih rendah.

BMKG memprediksi suhu dingin di Pulau Jawa ini terjadi pada medio Juli - Agustus (puncak musim kering) dan diprakirakan bisa sampai dengan September 2024.

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Suhu Dingin atau Bediding pada Malam dan Pagi Hari, Sampai Kapan Terjadi?

Lantas, apa itu Angin Monsun Australia?

Dikutip dari Antara, Monsun Australia adalah pergerakan angin yang berasal dari dataran Australia menuju dataran Asia melewati wilayah Indonesia.

Angin monsun Australia dengan karakteristik membawa sedikit uap air menjadikan potensi terjadinya pembentukan awan relatif kecil. 

Atmosfer dengan tutupan awan yang sedikit menjadikan udara lebih dingin terutama saat malam hari.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Selasa, (16/7/2024) mengatakan bahwa Angin Monsun Australia (Timur) yang kering dan membawa sedikit uap air tersebut saat ini berembus menuju benua Asia dengan melewati perairan Samudera Hindia.

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU