> >

Polri Usulkan 4 Perwira Tingginya Ikuti Seleksi Capim dan Dewas KPK 2024

Politik | 16 Juli 2024, 16:06 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko memberikan keterangan usai acara dialog kebangsaan di Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengirimkan empat perwira tinggi (pati) untuk mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029.

Penjelasan mengenai pengiriman empat pati tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, pada hari ini, Selasa (166/7/2024).

Menurut Trunoyudo, keempat pati itu sudah melalui asesmen di internal dan mereka dinyatakan memenuhi syarat.

"Polri memberikan beberapa nama untuk dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat," kata Trunoyudo di Mabes Polri, Jakarta, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Pendaftaran Capim dan Dewas KPK Ditutup, Pengumuman Lolos Administrasi 24 Juli 2024

Ia kemudian merinci nama keempat pati tersebut, yakni Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Komjen Setyo Budiyanton; Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen RZ Panca Putra Simanjuntak; Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Djoko Purwanto; dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Irjen Didik Agung Widjanarko.

Keempatnya, menurut Trunoyudo, diusulkan karena mereka merupakan personel terbaik Polri.

"Kami sampaikan bahwasannya keempat personel tersebut adalah personel yang terbaik di mana dengan adanya panitia seleksi Capim KPK tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan," tambahnya.

Baca Juga: Sempat Tersandung Kasus Pelanggaran Etik, Nurul Ghufron Kembali Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK

Diketahui, pendaftaran seleksi capim dan Dewas KPK dibuka sejak 26 Juni 2024 hingga 15 Juli 2024.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Deni-Muliya

Sumber : kompas.com


TERBARU