> >

Jokowi Minta PBNU Respons soal 5 Tokoh NU Temui Presiden Israel: karena Sikap Pemerintah Itu Jelas

Peristiwa | 16 Juli 2024, 14:00 WIB
Foto arsip. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sambutan dalam Pembukaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, Rabu (22/12/2021). Jokowi meminta PBNU memberikan respons perihal 5 tokoh NU yang berkunjung ke Israel dan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Sepres/Agus Suparto via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan respons perihal 5 tokoh NU yang berkunjung ke Israel dan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat akan bertolak ke Abu Dhabi, Selasa (16/7/2024).

“Ya ditanyakan saja ke PBNU,” ucap Jokowi.

Jokowi menegaskan, sikap pemerintah Indonesia terkait Palestina dan Israel sudah cukup jelas.

“Karena sikap pemerintah itu jelas, sesuai pembukaan UUD 1945. Jelas sekali. Jadi tolong ditanyakan ke PBNU,” ujar Presiden dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Jokowi soal si Bungsu Kaesang Bakal Maju Pilkada 2024: Jawa Tengah Bagus, Jakarta Juga Bagus

“Dan indonesia akan selalu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Itu yang terus kita pegang.”

Sebelumnya, 5 tokoh Nahdlatul Ulama (NU) terlihat bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Pertemuan tersebut memicu respons kalangan NU dan publik yang selama ini mengecam tindakan tidak bermoral Israel terhadap Palestina.

Kemudian dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KompasTV hari ini, Sekretaris Jenderal NU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan PBNU memanggil 5 tokoh NU siang ini.

“Ya hari ini rencananya ketua umum akan bertemu secara langsung, baik pimpinan badan otonom lembaga yang mana mereka yang berangkat itu tercatat sebagai pengurus, nah nanti di situ akan diketahui lebih jauh tentang maksud dan tujuan,” ucap Gus Ipul.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU