> >

Citra Positif KPK Terendah, Ruki: Saya Malu dan Kehilangan Harga Diri, padahal Bukan Kelakuan Saya

Hukum | 4 Juli 2024, 21:42 WIB
Ketua KPK 2003-2007 Taufiequrachman Ruki dalam program Rosi Kompas TV, Kamis (4/7/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil jajak pendapat Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024 menunjukkan citra positif lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi yang terendah di antara lembaga negara lainnya.

KPK mendapatkan nilai citra positif sebanyak 56,1 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan nilai citra positif Dewan Perwakilan Rakyat dengan angka 62,6 persen.

Menanggapi hasil jajak pendapat Litbang Kompas terkait KPK, Ketua KPK 2003-2007 Taufiequrachman Ruki mengaku malu ketika muncul di publik dan orang-orang mengetahuinya sebagai mantan pimpinan KPK.

Baca Juga: Mantan Penyidik KPK Nilai Alex Marwata Aneh: Ngaku Gagal Berantas Korupsi, tapi Belum Mundur

“Jujur saja kadang-kadang saya malu ketika orang-orang mengenali saya sebagai pimpinan KPK karena Litbang Kompas ini bisa dipercaya, akhirnya saya kehilangan kepercayaan diri,” ucap Ruki dalam program Rosi Kompas TV, Kamis (4/7/2024).

“Terus terang, ini membuat saya kehilangan kepercayaan diri, kehilangan harga diri. Saya malu, padahal bukan kelakuan saya,” sambungnya.

Ruki bercerita bahwa ia sempat dimintai membantu KPK. Kala itu ia tengah menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Jabar Banten.

“Ini country call. KPK itu saya membantu membidaninya, saya membantu kelahirannya. Ketika dia terpuruk, terjatuh, dan terlunta-lunta. Saya terpanggil, saya tinggalkan semuanya itu, saya coba memperbaiki,” ucap dia.

Namun, ketika KPK sudah memiliki pimpinan yang baru, maka Ruki menyerahkan semuanya kepada mereka.

Menurutnya, ketika pimpinan KPK sudah berganti, maka bukan kewenangannya untuk cawe-cawe urusan di KPK.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU