> >

Kampanye Terakhir 10 Februari di Jakarta, Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran Berebut Massa

Rumah pemilu | 9 Februari 2024, 08:05 WIB
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) bersama capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) mengenakan jaket sebagai komitmen pemberantasan korupsi saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Paku integritas menjadi momentum pernyataan komitmen tiga pasangan capres-cawapres dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. (Sumber: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 dan 2 akan mengakhiri kampanye terakhir di DKI Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menggelar kampanye terakhir di Jakarta International Stadium (JIS), sedangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengadakan kampanye terbuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK). 

Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) Syaugi Alaydrus menjelaskan animo masyarakat untuk hadir di acara Kumpul Akbar Bersatu Berani Berubah sangat tinggi. 

Menurut Syaugi, berdasarkan informasi dari penyedia layanan pendaftaran tiket kampanye akbar Anies-Muhaimin, dalam waktu singkat, sudah ada 3,5 juta simpatisan Amin yang ingin memesan tiket saat dibuka pukul 11.11 WIB pada Rabu (7/2/2024).

Bahkan, berdasarkan laporan per Kamis pagi (8/2/2024), sudah ada 15 juta orang yang mengakses tiket kampanye akbar itu.

Baca Juga: Animo Kampanye Akbar JIS Disebut Lampaui Konser Coldplay, Anies Kirim Pesan ke Pendukung Perubahan

Syaugi menjelaskan, bagian dalam JIS bisa menampung 92 ribu massa simpatisan dan pendukung Anies Muhaimin. 

Kapasitas tempat duduk di tribun sebanyak 82 ribu orang, sedangkan area lapangan berkapasitas sekitar 10 ribu orang. Lapangan juga akan ditutup untuk mengantisipasi kerusakan.

Masyarakat yang ingin datang ke JIS juga dipersilakan karena Timnas Amin akan menyediakan layar besar untuk simpatisan, pendukung Anies-Muhaimin yang tidak bisa masuk ke area JIS. 

Masyarakat yang tak bisa mencapai JIS juga bisa menikmati kampanye AMIN dari sejumlah titik yang disediakan dan disertai panggung kecil.

"Kalau jumlah kuota di JIS 92 ribu, kalau di luar kita enggak tahu," ujar Syaugi saat jumpa pers di Markas AMIN, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga: Jadwal Kampanye Akbar Hari Terakhir Pilpres 2024: Anies di JIS, Prabowo di GBK, Ganjar di Jateng

Kampanye Akbar Prabowo-Gibran 

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran juga telah mempersiapkan kampanye terakhir Prabowo-Gibran di GBK, Sabtu (10/2/2024). 

Diperkirakan akan ada ratusan ribu kader dari pertai pengusung dan pendukung serta simpatisan Prabowo-Gibran akan menghadiri kampanye terbuka di GBK. 

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyampaikan permohonan maaf kepada warga Jakarta dan pengguna jalan jika kampanye akbar di GBK nanti menggangu kelancaran aktivitas. 

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU