> >

Khofifah Condong ke Prabowo, Ganjar Optimistis Ketokohan Mahfud bisa Rebut Suara Pemilih di Jatim

Rumah pemilu | 27 Desember 2023, 19:54 WIB
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud Md tiba untuk mengikuti debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

KLATEN, KOMPAS.TV - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo,  optimistis bakal mendapat suara yang signifikan di Jawa Timur. 

Daerah Jawa Timur menjadi sasaran para Capres untuk mendulang suara. Data KPU Jawa Timur (Jatim) menjadi daerah yang memiliki DPT tertinggi kedua setelah Jawa Barat. 

Di Jabar ada 35.714.901 pemilih, sedangkan Jatim sebanyak 31.402.838 pemilih. Tiga daerah tertinggi lainnya yakni Jateng 28.289.413, Sumatera Utara 10.853.940, dan terakir Banten 8.842.646 pemilih. 

Meski pilihan politik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa lebih condong ke pasangan Prabowo-Gibran, Ganjar meyakini masih ada celah pemilih lain yang bisa direbut. 

"Tim kita sudah bergerak ada kelompok masyarakat yang bersama dengan kami, ada kelompok agama, anak muda, budayawan. Mereka sudah berkomunikasi cukup intens. Jadi ada yang basis komunitas di rakyat," ujar Ganjar di sela kampanye di Klaten, Jateng, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: Ganjar soal Khofifah Dukung Prabowo-Gibran: Itu Provinsi yang Jadi Potensi Suara Ganjar Mahfud

Ganjar mengakui dukungan elit politik di Jatim bisa mempengaruhi basis massa, namun Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud punya cara tersendiri dalam menarik simpati pemilih untuk memenangkan Pilpres 2024. 

Di sisi lain, dirinya punya Cawapres Mahfud MD yang merupakan tokoh dari Jatim. Menurutnya Mahfud punya kans cukup besar untuk menarik suara. 

"Jatim itu salah satu provinsi kedua yang menjadi potensi suara Ganjar-Mahfud, dan Pak Mahfud kan dari sana. Rasanya Pak Mahfud lebih banyak nanti berkeliling di Jatim, dan saya haqqul yaqin karena ketokohan Pak Mahfud, performa Pak Mahfud, relasi Pak Mahfud dengan Jatim sangat kuat sekali," ujar Ganjar. 

Adapun tiga partai pengusung Prabowo-Gibran sudah menetapkan Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon gubernur di Pilkada 2024. 

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU