> >

Pakar Mikroekspresi: Ganjar Tidak Ada Kebocoran Sinyal Emosi di Debat karena Didukung Pengalaman

Rumah pemilu | 13 Desember 2023, 14:14 WIB
Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat perdana di KPU, Jakarta, Selasa(12/12/2023) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pakar Gestur dan Mikroekspresi jebolan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Monica Kumalasari menilai logika dan pemikiran calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di debat capres perdana pada Selasa (12/12/2023) malam didukung dengan keselarasan antara kanal fisiologis (ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan suara) dengan verbalnya.

Oleh karena itu, Ganjar mampu mengolah emosi secara baik dalam merespons kandidat lain di debat Pilpres 2024 tadi malam.

Demikian Monica Kumalasari merespons penampilan Ganjar Pranowo dalam debat perdana capres tadi malam.

“Ganjar didukung dengan data dan kaya pengalaman sehingga tidak terjadi kebocoran-kebocoran sinyal emosi untuk berpikir keras dalam merespon,” imbuh Monica sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (13/12).

Baca Juga: Pakar Mikroekspresi: Prabowo Marah dan Emosi saat Ditanya Anies soal Putusan MKMK

Monica juga menanggapi soal arti di balik senyuman yang sering diberikan oleh Ganjar Pranowo saat debat perdana capres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI itu. 

“Dari pengalaman sebelumnya di mana Ganjar seringkali menunjukkan dominansi perasaannya yang terlihat melalui mikro ekspresi, saat ini sudah memiliki antitesis dengan seringkali menampilkan social smile (senyum sosial),” ujar Monica.

Social smile tersebut, lanjut Monica, ditunjukkan untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya ia rasakan. Bahwa, Ganjar ingin menampakkan bahwa ia tidak terpengaruh dengan respons lawan yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

“Ekspresi ini menutupi perasaan yang sesungguhnya, dan bisa dirasakan sebagai pesan non-verbal ‘saya tidak menyerang anda atau saya tidak terpengaruh dengan respon anda’,” jelas Monica.

Baca Juga: Guru Besar UPI Nilai Anies Unggul di Debat Capres: karena Buat Prabowo Menghela Nafas soal MKMK

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara, Kompas TV


TERBARU