> >

Penonton Bersorak Tanggapi Jawaban Anies soal Konflik Papua, Prabowo Langsung Bergaya Gerakan Silat

Rumah pemilu | 12 Desember 2023, 23:03 WIB
Prabowo Subianto memperagakan gerakan silat saat menjawab tanggapan capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengenai penanganan konflik di Papua. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 2 Prabowo Subianto memperagakan gerakan silat saat menjawab tanggapan capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengenai penanganan konflik di Papua.

Hal itu terjadi ketika tiga capres mengikuti debat perdana capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (12/12/2023).

Saat itu Anies menanggapi jawaban Prabowo terhadap pertanyaan panelis mengenai upaya yang akan dilakukan dengan melihat tren kekerasan yang meningkat di Papua, sementara keadilan dan HAM belum selesai sehingga konflik berlanjut.

Prabowo mengatakan penanganan masalah dan konflik di Papua rumit karena terjadi gerakan separtatisme dan ada campur tangan asing dalam permasalahan di daerah itu.

“Masalah Papua adalah rumit karena di situ terjadi suatu gerakan separatisme, dan gerakan separatisme ini kita sudah ikuti cukup lama,” tuturnya.

Baca Juga: Debat Usai, Ini Closing Statement dari 3 Capres Anies, Prabowo dan Ganjar!

Anies pun menanggapi dengan menyebut bahwa masalah di Papua bukan tentang kekerasan, karena kalau bicara kekerasan, ada tiga pandangan.

“Ada yang menganggap ini terorisme, ada yang menganggap ini separatisme, ada yang mengangap ini kriminal,” kata Anies.

“Ada perbedaan pandangan. Apa masalah utamanya? Masalah utamanya adalah tiadanya keadilan di tanah Papua, itu maslaah utamanya.”

Sebelumnya, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa perlu ada dialog dalam penanganan konflik Papua.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU