> >

Prabowo Berjanji akan Perkuat Kualitas Hidup Hakim, Naikkan Gaji agar Tak Bisa Diintervensi

Rumah pemilu | 12 Desember 2023, 21:37 WIB
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berinteraksi dalam debat hari ini, di gedung KPU, Selasa (12/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar YouTube KPU)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon presiden RI nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji akan memperbaiki kualitas penegak hukum, khususnya kehakiman, termasuk gajinya agar tidak bisa diintervensi.

Pernyataan Prabowo tersebut disampaikan dalam debat perdana capres RI di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (12/12/2023).

Menurut Prabowo, dirinya sangat setuju bahwa kekuasaan kehakiman harus independen dan tidak bisa diintervensi.

“Saya sangat setuju bahwa kehakiman harus independen, yudikatif harus independen dan harus kuat, dan tidak boleh diintervensi oleh kekuasaan,” ucapnya.

Baca Juga: Paparkan Visi-Misi, Ganjar Ceritakan Pendeta di Merauke yang Bantu Ibu Melahirkan

“Saya berkomitmen, manakala saya mendapat mandat dari rakyat, saya akan memperbaiki kualitas hidup semua hakim di Republik Indonesia.”

Bahkan, kata Prabowo, bukan hanya kualitas hidup hakim, tetapi juga semua pekerja di sektor pengadilan dan penegak hukum.

“Semua pekerja di sekitar pengadilan, dan semua penegak hukum akan saya perbaiki kualitas hidupnya, gajinya diperbaiki supaya mereka tidak dapat diintervensi, tidak dapat disogok, tidak dapat dikorup. Itu komitmen saya pada rakyat.”

Menanggapi hal itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanyakan tentang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang melahirkan Majelis Kehormatan MK (MKMK).

Prabowo menjawab bahwa masyarakat sudah mengetahui apa yang terjadi pada putusan tersebut.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU