> >

Link Live Streaming Debat Capres Pemilu 2024 Perdana, Dimulai Pukul 19.00 WIB, Tonton di KompasTV

Rumah pemilu | 12 Desember 2023, 17:00 WIB
Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tema-tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang harus diikuti paslon Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, dimana debat perdana capres digelar Selasa (12/12/2023) malam ini. (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut informasi mengenai link live streaming debat capres Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan hari ini, Selasa (12/12/2023).

Ini merupakan debat capres cawapres perdana menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2024. Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar lima kali debat capres cawapres pada 12 Desember 2023 hingga 4 Februari 2024.

Lima debat tersebut dirinci yakni debat pertama untuk capres yaitu pada malam ini, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres, dan debat kelima untuk capres.

Baca Juga: 2.120 Personel Gabungan dan 5 Sumber Listrik PLN Amankan Debat Capres Malam Ini

Debat akan diikuti oleh semua peserta capres cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan bahwa debat capres cawapres merupakan hal yang penting bagi pasangan calon.

"Debat adalah salah satu metode kampanye yang daya jangkau audiensnya sangat besar dan luas. Oleh karena itu, debat paslon sangat krusial bagi pasangan calon dan juga bagi pemilih," kata Titi, Senin (11/12) dikutip dari Antara.

Debat capres perdana hari ini mengusung tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sejumlah panelis dari berbagai latar belakang keilmuan telah disiapkan, di antaranya Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Undana), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Undip), Khairul Fahmi (pakar hukum Unand).

Baca Juga: KPU Jamin Debat Capres Tak Seperti Cerdas Cermat, Ada 4 Segmen Interaksi Antarpaslon

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU