> >

Ma'ruf Amin Soal Polemik Debat Cawapres: Saya Dulu tanpa Didampingi Capres, Mestinya seperti Itu

Rumah pemilu | 5 Desember 2023, 19:05 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat berada di Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (18/10/2023). Ma'ruf Amin ikut bicara terkait polemik debat cawapres yang bakal digelar KPU dalam waktu dekat ini. (Sumber: Tangkap Layar kanal Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia)

DEPOK, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin turut mengomentari perbincangan mengenai perubahan format debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Ma'ruf menyebut cawapres seharusnya diberi ruang berdebat sendiri seperti saat Pilpres 2019.

Ma'ruf menyampaikan bahwa ia maju ke panggung debat cawapres Pilpres 2019 tanpa didampingi calon presiden (capres) saat itu, Joko Widodo.

Mantan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyebut debat dilangsungkan secara intelektual dan menunjukkan kemampuan merespons masalah.

Baca Juga: Anies akan Buat Kebijakan Pertambangan Ramah Lingkungan Jika Menang Pilpres 2024

“Kalau dulu pengalaman saya ada yang bareng capres dengan cawapres, ada yang capres sendiri tanpa didampingi wapres," kata Ma'ruf saat berada di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023).

"Itu saya kira dulu begitu. Mestinya seperti itu," lanjutnya, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Sehubungan wacana perubahan format debat capres-cawapres, Ma'ruf menyebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) harusnya memastikan format debat berdampak pada pilihan masyarakat.

Ia pun berharap debat capres-cawapres akan membahas permasalahan dan kondisi sebenarnya.

"Nah, isu yang menjadi masalah kan ada tidak ada cawapres debat atau ada tapi didampingi itu mungkin jadi masala. Saya kira tunggu aja nanti," tutur Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, anggota KPU, Idham Holik menyebut pihaknya belum membuat keputusan final soal format debat cawapres di Pilpres 2024. Idham menyebut pihaknya akan kembali mengadakan rapat koordinasi bersama tim sukses masing-masing paslon.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU