> >

Jokowi Bantah Janjikan Kursi Menhan ke Cak Imin: Nggak Ada Jatah-jatah seperti Itu

Politik | 4 Desember 2023, 17:01 WIB
Presiden RI Joko Widodo membantah klaim Muhaimin Iskandar soal janji jatah kursi menteri pertahanan untuk ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut. Jokowi menegaskan bahwa penunjukan menteri adalah hak prerogatif presiden dan pihaknya tidak menetapkan "jatah" tertentu. (Sumber: AP Photo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo membantah klaim Muhaimin Iskandar soal janji jatah kursi menteri pertahanan untuk ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut. Jokowi menegaskan bahwa penunjukan menteri adalah hak prerogatif presiden dan pihaknya tidak menetapkan "jatah" tertentu.

Kursi menteri pertahanan sendiri diberikan Jokowi kepada eks rivalnya di Pilpres 2019 lalu, Prabowo Subianto. Cak Imin mengklaim kursi menhan tadinya akan diberikan kepadanya.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Mahfud MD Tangani Pengungsi Rohingya di Aceh

“Kementerian, menteri, itu hak prerogatif presiden. Nggak ada jatah-jatah seperti itu," kata Jokowi saat ditemui wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/12/2023) sebagaimana dikutip Antara.

Sebelumnya, ketika menghadiri acara Indonesia Millenial dan Gen Z Summit di Senayan Park, Jakarta pada 26 November lalu, Cak Imin mengklaim jabatan menhan pernah ditawarkan kepadanya.

Cawapres yang kini mendampingi Anies Baswedan itu menyebut Jokowi tiba-tiba memberikan jabatan menhan kepada Prabowo Subianto yang belakangan bergabung ke koalisi.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU