> >

Anies Yakin Presiden Jokowi Bersikap Netral pada Pilpres 2024: Keren kan kalau Menang Netral?

Rumah pemilu | 24 Oktober 2023, 18:33 WIB
Calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, saat menyampaikan pidato dalam acara The 11th Annual US - Indonesia Investment Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, mengaku yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bersikap netral pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

"Kami yakin Presiden (Jokowi) akan bersikap netral. Presiden akan menjaga agar kewibawaan proses demokrasi kita tetap tinggi, dan keren kan kalau menang netral?" kata Anies kepada wartawan usai menghadiri The 11th Annual US - Indonesia Investment Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Saat ditanya mengenai kemungkinan penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan bakal calon wakil presiden (bacawapres), Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi, Anies mengaku tak khawatir.

"Rasanya enggak, semua media nonton, semua rakyat nonton," tegas Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu.

"Sekarang semua orang jadi reporter, bagaimana coba bisa menjaga, semua yang sifatnya pelanggaran, takutnya apa? Pemberitaan," ujarnya sambil tertawa ringan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dilaporkan ke KPK, Kepala Staf Kepresidenan: Hati-Hati Lapor Tanpa Bukti

Sebagaimana diketahui, Anies dan cawapresnya, Muhaimin Iskandar, telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023) lalu.

Pada hari yang sama, pasangan capres-cawapres yang diusung koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo-Mahfud MD, juga mendaftar ke KPU.

Sementara pasangan bacapres-bacawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dijadwalkan baru akan mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10/2023) besok.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan mendukung semua capres dan cawapres yang akan maju pada Pilpres 2024.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU