> >

Ketua KPU: Berkas Pendaftaran Anies-Cak Imin Dinyatakan Lengkap

Rumah pemilu | 19 Oktober 2023, 11:08 WIB
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tiba di KPU RI, Kamis (19/10/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa berkas pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dinyatakan lengkap.

Hasyim mengatakan bahwa sebelum kedatangan rombongan Anies dan Cak Imin, sudah ada komunikasi tim yang berkomunikasi dengan liaison officer (LO) gabungan partai politik.

“Sebelum ke sini, ada tim verifikasi helpdesk dengan LO gabungan partai politik dan sudah diperiksa, dinyatakan lengkap, alhamdulillah,” ucap Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: Anies Baswedan dan Cak Imin Resmi Daftar Pilpres 2024, Surya Paloh: Saya Percaya pada KPU

Selanjutnya, berkas pendaftaran Anies dan Muhaimin akan memasuki tahap verifikasi. Hasyim menjelaskan bahwa ukuran dari tahap ini adalah kebenaran dan keabsahan dokumen.

Apabila ada dokumen yang salah, maka bakal pasangan calon diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

Lebih lanjut, KPU juga akan memberikan surat pengantar pemeriksaan kesehatan kepada Anies dan Muhaimin. Keduanya akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu (21/10/2023).

“Pemeriksaan kesehatan, jasmani, dan rohani untuk dilakukan penilaian tentang kemampuan menjalankan tugas presiden dan wakil presiden,” ucap Hasyim.

Sementara itu, Anies Baswedan mengucapkan permintaan maaf karena datang terlambat. Rombongan Anies-Muhaimin seharusnya mendaftar pada pukul 08.00 WIB, tetapi karena jalan menuju KPU dipenuhi relawan, rombongan pun terlambat.

“Kami memang seharusnya tiba di jam 08.00, tapi lalu lintas macet, bukan hanya lalu lintas kendaraan rupanya, tapi lalu lintas orang juga macet, karena itu kami mohon maaf datang agak terlambat,” ujar Anies.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU